KSR POLSA IKUTI LATGAB

adminpolsa

Sebagai salah satu program kerja tahunan, UKM KSR-PMI Unit POLSA kembali ikut serta dalam acara Latihan Gabungan (LATGAB) KSR-PMI Se-Kabupaten Purworejo 2015. Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis-Sabtu, 14-16 Mei 2015 dan dilaksanakan di Desa Kaliharjo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Pada LATGAB tahun ini mengusung tema “Our Principle in Action”.

Acara ini diawali dengan upacara pembukaan dan dibuka langsung oleh  Ketua PMI cabang Kab.Purworejo, Bpk Supangkat. “Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan keakraban antar KSR-PMI di Kabupaten Purworejo dan bisa saling tukar pengetahuhan,” ujarnya. Total jumlah yang ikut Latihan Gabungan yaitu 150 peserta yang berasal dari anggota KSR di seluruh kabupaten Purworejo yaitu KSR-PMI unit Politeknik Sawunggalih Aji, dan beberapa KSR-PMI unit lain.

Seperti kegiatan LATGAB sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan solidaritas antar KSR-PMI Se-Kabupaten Purworejo serta memantapkan pengetahuan terkait kepalangmerahan dan pertolongan pertama.

Tanggal 14 Mei 2014 peserta LATGAB setelah pendirian tenda dilaksanakan, dilanjutkan dengan kegiatan indoor yaitu pemberian materi kepalangmerahan antara lain: materi Posko, Yankes, Shelter, Evakuasi dan Dapur Umum. Kemudian malamnya peserta mengikuti acara Malam Keakraban LATGAB KSR-PMI di Lapangan SMP Negeri 24 Kaligesing dengan menyalakan api unggun. Malam itu juga diisi dengan Pentas seni dari masing-masing KSR PMI unit untuk menunjukkan kreatifitas mereka.

Tidak hanya itu, untuk kegiatan di hari berikutnya adalah kegiatan Outbond dengan widegame menyusuri sungai disepanjang desa kaliharjo, dan lintas terampil dimalam hari atau jalan malam serta kegiatan simulasi untuk penanganan korban bencana alam dimulai dari pertolongan pertama, assessment, dan evakuasi korban. Sebagai bentuk penerapan dari materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Terselenggaranya kegiatan ini tentu tidak lepas dari kerjasama semua panitia pelaksana yang sangat sigap dan cekatan, adanya kerjasama PMI cabang kabupaten Purworejo yang telah mensukseskan acara LATGAB yang ke-3 ini sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa aral suatu apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

MAHASISWA POLSA IKUTI PEMBEKALAN PIMNAS

Pembekalan PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) 2015 adalah pembekalan bagi peserta yang telah lolos seleksi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah sebuah program yang dikembangkan oleh DITLITABMAS untuk membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkarya seluas para dosennya. Salah satu dari Program tersebut adalah Program Kreativitas Mahasiswa […]

Kuliah, di POLSA Aja!