MAHASISWA POLSA IKUTI PEMBEKALAN PIMNAS

adminpolsa

Pembekalan PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) 2015 adalah pembekalan bagi peserta yang telah lolos seleksi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah sebuah program yang dikembangkan oleh DITLITABMAS untuk membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkarya seluas para dosennya. Salah satu dari Program tersebut adalah Program Kreativitas Mahasiswa dalam bidang kewirausahaan (PKM-K).

Tim PKM-K Politeknik Sawunggalih Aji berhasil lolos seleksi dalam pengajuan proposal PKM-K yang berjudul “SUPIR DE’JAWIR : SUSU BIJI KECIPIR KAYA AKAN VITAMIN, PROTEIN, DAN KALSIUM SERTA SEBAGAI ALTERNATIF PENGGANTI SUSU KEMASAN DENGAN HARGA TERJANGKAU BAGI MASYARAKAT”. Tim PKM-K yang telah lolos seleksi tersebut adalah Mahasiswa POLSA Jurusan Administrasi Bisnis semester 6 yang diketui oleh Sundari Pangestuti dan Anggotanya Annisa dkk. Selanjutnya Tim PKM-K mendapat undangan untuk mengikuti kegiatan Pembekalan PIMNAS 2015 di kantor Kopertis Wilayah VI, Semarang pada hari Kamis, 28 Mei 2015 08.00 sampai selesai yang bertempat di Kopertis Wilayah VI, Semarang (Gedung A dan B)

Pada kegiatan tersebut menugaskan 2 orang dari tim PKM untuk mengikuti pembekalan PIMNAS 2015 yaitu Sundari Pangestuti dan Annisa. Selain tim PKM dari Politeknik Sawunggalih Aji ada juga tim PKM dari PTS lain. Kegiatan pertama dilaksanakan di Gedung A kantor Kopertis Wilayah VI yaitu mengikuti pembekalan mengenai Monev (Monitoring Evaluasi) yang dilaksanakan mulai dari tanggal 4 Juni sampai 12 Juni 2015. Dalam pembekalan dibahas mengenai format laporan kemajuan yang harus diunggah dan dibawa ketika Monev. Selain itu juga mendapat kisi-kisi ketika Monev, yaitu :

  • Progress 70% untuk bisa masuk PIMNAS
  • Kesesuaian antara proposal dengan pelaksanaan
  • Permasalahan dan cara mengatasi
  • Logbook berupa catatan harian dan dapat ditambah dengan lampiran lain (seperti foto kegiatan)
  • Indikator Keberhasilan Jangka Pendek (IKJP)
  • Klasifikasi jumlah anggota tim PKM yang sudah lulus.

Dalam pembekalan juga dijelaskan mengenai Penilaian PIMNAS, adapun penilaiannya adalah sebagai berikut :

  • Laporan kemajuan akan dinilai menjadi salah satu komponen penilaian penetapan peserta PIMNAS (proposal minimal 30%, laporan kemajuan 20%, nilai Monev 50%)
  • Jumlah halaman laporan kemajuan minimal 10 halaman (dimulai dari halaman Pendahuluan), dengan jarak spasi 1,15, format huruf Times New Roman, dan size 12.
  • Presentasi ketika Monev

Dalam perubahan kriteria penilaian juara PIMNAS, artikel ilmiah adalah salah satu penilaian dalam PIMNAS. Tim PKM yang ingin lolos PIMNAS harus memenuhi syarat penilaian seperti, Laporan akhir (15%), Artikel Ilmiah (25%), dan Presentasi (60%)

Selanjutnya kegiatan kedua di gedung B kantor Kopertis Wilayah VI yaitu melakukan presentasi untuk persiapan agenda presentasi Monev. Ketika presentasi, peserta diberikan pengarahan mengenai presentasi yang baik dan benar, menambahkan beberapa hal yang harus dilengkapi ketika pelaksanaan presentasi Monev. Prestasi lolosnya Tim Program Kreatifitas Mahasiswa POLSA merupakan salah satu prestasi yang membanggakan bagi POLSA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

PEMBEKALAN PKL : MAHASISWA SIAP TERJUN DI DUNIA KERJA

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa POLSA khususnya semester 4 (Empat) dalam melaksanakan praktek kerja lapangan, POLSA mengadakan Pembekalan PKL untuk semua Jurusan yaitu Teknik Informatika, Akuntansi dan Administrasi Bisnis. Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dalam memperoleh pengalaman praktek pada berbagai aspek […]

Kuliah, di POLSA Aja!