POLSA BERI BEASISWA UNTUK PEMENANG LKS SMK

adminpolsa

Acara Penutupan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK se kab Purworejo bertempat di Kampus 2 Politeknik Sawunggalih Aji Grantung Purworejo berjalan lancar. Pada Penutupan tersebut (31/07/2015), SMK 1 Purworejo berhasil menyabet gelar juara umum dalam lomba kompetensi siswa (LKS) SMK Se-Kabuapaten Purworejo tahun 2015.

Sekolah tersebut berhak mendapatkan piala bergilir dari Bupati Purworejo Drs Mahsun Zain M.Ag yang diserahkan bersamaan dengan pengumuman hasil lomba dan penutupan LKS yang diselenggarakan di ruang pertemuan kampus Politeknik Sawunggalih Aji (31/07/2015).

Piala bergilir tersebut diserahkan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Drs Muh Wuryanto M.M., disaksikan Ketua Musyawarah Kerja Kepada Sekolah (MKKS) SMK Ki Gandung Ngadina, pengawas SMK, serta para pengurus MK-KS SMK, dan para siswa yang berhasil meraih juara.

Ketua MMKS SMK Ki Gandung Ngadina menjelaskan, SMK 1 berhasil meraih juara umum karena siswanya meraih juara I terbanyak dari 18 cabang mata pelajar atau kompetensi yang dilombakan. Yakni total meraih 10 piala terdiri atas sembilan piala untruk juara I dan satu piala untuk juara II.

Di urutan runner up diraih SMK 2 dengan total perolehan empat piala terdiri atas tiga piala juara I dan satu piala juara 2. “Proses penjurian ini sangat objektif karena melibatkan dewan juri dari luar Purworejo”, ungkap Ki Gandung.

Menjaring Duta

Ki Gandung menjelaskan, LKS tahun 2015 yang dikerjasamakan dengan Disdikbudpora, UMP dan Politeknik Sawunggalih Aji tersebut, merupakan bagian dari seleksi untuk menjaring duta yang dikirim untuk mewakili Kabupaten Purworejo dalam LKS tingkat provinsi.

“Dari total 23 mata lomba pada LKS provinsi, 18 mata lomba dilakukan seleksi. Sedangkan 14 mata lomba dilakukan penunjukan karena memang hanya ada satu sekolah yang membuka kompetensi tersebut,” jelasnya menyebutkan LKS tersebut dilaksanakan 27 hingga 31 Juli 2015.

Pada kesempatan itu, Politeknik Sawunggalih Aji memberikan beasiswa bagi para peserta yang berhasil meraih juara. Politeknik Sawunggalih Aji memberikan beasiswa berupa biaya pendidikan sebesar Rp 108.000.000 bagi juara 1,2 dan 3. Beasiswa tersebut diberikan apabila peraih juara tersebut nantinya akan mendaftarkan diri kuliah di Politeknik Sawunggalih Aji.

Kepala Disdikbudpora Muh Wuryanto mengapresiasi pelaksanaan LKS tersebut. Menurutnya, LKS itu sangat strategis untuk sebagai instrumen untuk menyeleksi wakil purworejo.

“Kreativitas MKKS ini sangat bagus. Hasilnya pada LKS tahun 2015 lalu, Purworejo berhasil meraih juara I tingkat nasional pada mata lomba paterm making dan juara II pada lomba nautika,” katanya.

Menurut Wuryanto, LKS tersebut memang sangat bermanfaat untuk menguji skill dan kompetensi siswa SMK agar siap menghadapi dunia kerja. “Program ini sekaligus sejalan dengan program kabupaten vokasi yang sudah dicanangkan Kabupaten Purworejo”, tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

MAHASISWA IKUTI KULIAH KESADARAN PAJAK

Politeknik Sawunggalih Aji (POLSA) mengadakan Kuliah umum dengan Tema “Kesadaran dan Kepatuhan Pajak Bagi Warga Negara” dengan Pembicara dari Kepala Kantor Pelayanan Pajak Purworejo Dr. Yeheskial Minggus Tiranda, S.H., M.H. beserta Tim dan Firman Imam Bachtiar, S.E., M.M selaku Nara sumber sekaligus Wakil Direktur II POLSA. Acara Kuliah Perdana TA […]

Kuliah, di POLSA Aja!