WISUDA XI, POLSA CIPTAKAN LULUSAN BERKOMPETEN

adminpolsa

Wisuda XI Politeknik Sawunggalih Aji yang dilaksanakan pada hari Kamis, 13 Oktober 2016 berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apa pun. Selain Wisudawan dan Orang Tua wali Wisudawan, dalam acara tersebut juga dihari oleh tamu undangan dari Pejabat Pemerintahan Kab. Purworejo, Wakil Bupati dan Kopertis Wilayah VI.

wisuda xi Polsa 21

Pembukaan Wisuda Dibuka Oleh Direktur yang juga sebagai Ketua Senat yaitu Dr. H. Firman Bachtiar, SE., MM.

wisuda xi Polsa 4

Pembacaan Surat Keputusan Wisuda yang dibacakan oleh Danis Imam Bachtiar, SE., MM

wisuda xi Polsa 5wisuda xi Polsa 6wisuda xi Polsa 7

Wisudawan diwisuda oleh Direktur (Beserta Ketua Jurusan)

wisuda xi Polsa 8

Pembacaan Janji Alumni oleh Kesharyanto Sunaryo, A.Md.

wisuda xi Polsa 12

Dalam Sambutannya Direktur Politeknik Sawunggalih Aji yaitu Dr. H. Firman Bachtiar, SE., MM menyampaikan bahwa Kamis,13 Oktober 2016 yang bertepatan dengan 12 Muharam 1438 H, merupakan hari yang istimewa atas acara “Rapat Terbuka Senat Politeknik Sawunggalih Aji” dengan agenda tunggal Wisuda Program Diploma III.

Direktur juga menyampaikan Dirgahayu Purworejo dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia, yang keduanya berulang tahun pada tanggal 5 Oktober 2016 lalu. Direktur menyampaikan di era globalisasi lulusan perguruan tinggi dituntut berdaya saing handal dalam dunia usaha dan industri serta berkontribusi positif menyelesaikan masalah-masalah konkrit. POLSA sebagai satu-satunya politeknik di Purworejo senantiasa mengambil peran sentral melalui penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Vokasi Program Diploma III, juga selalu mendorong dan mengembangkan kemampuan belajar mahasiswa, menghasilkan generasi yang tanggap dan kritis terhadap perubahan di era global ini melalui pengembangan hardskill dan softskill.

Dalam kerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi, POLSA juga berusaha meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan agar para lulusan menjadi SDM berkompeten, profesional di bidangnya dan sesuai kualifikasi dunia usaha dan industri, dengan bukti beberapa indikator kinerja. Guna meningkatkan daya akses masyarakat pada pendidikan tinggi, pada Tahun Akademik 2016/2017 ini POLSA telah memberikan fasilitas Kuliah gratis atau beasiswa studi penuh. Fasilitas ini kami berikan kepada mahasiswa baru Yatim atau Yatim Piatu yang berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu. Direktur menyampaikan bahwa POLSA telah 16 tahun berkiprah di dunia pendidikan. Direktur mewakili POLSA bersyukur bahwa masyarakat semakin memberikan kepercayaan kepada POLSA untuk mencetak tenaga-tenaga profesional yang siap kerja di bidangnya. Direktur menyampaikan bahwa dalam menghadapi MEA yang sudah diberlakukan, ketersediaan tenaga kerja yang memiliki kompetensi tinggi yang dibuktikan dengan Sertifikat Profesi sangat dibutuhkan. Atas hal ini, POLSA telah menjawabnya dengan memberlakukan sertifikasi kompetensi bagi para lulusan, yaitu Sertifikasi TOEFL, Sertifikasi IT dari Microsoft, Sertifikasi Kompetensi Teknisi Akuntansi, Sertifikasi Kompetensi Pelayanan Prima, Pemasaran Operasional, Administrasi Umum dan Public Relation. Direktur mewakili seluruh Civitas Akademika POLSA menyampaikan selamat atas kelulusan wisudawan, dan gelar akademik yang telah diraih.

Direktur juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh dosen dan staf atas pengabdian yang tulus, profesionalisme, loyalitas, perhatian, dan kerja keras yang terus menerus dalam mendidik, mengajar, membimbing serta melayani para mahasiswa sehingga mereka  dapat diwisuda pada  hari ini. Tidak lupa kepada seluruh orang tua, orang tua asuh, donatur, penyedia beasiswa dan keluarga wisudawan sangat berperan.

wisuda xi Polsa 9

Dalam Sambutan Wakil Wusudawan (Mia Alfiyati, A.Md.) juga memberikan sambutan bahwa menyelesaikan tugas belajar di Politeknik Sawunggalih Aji dalam waktu yang tidak singkat dan perjuangan luar biasa. Oleh karenanya, patut untuk bersyukur kepada Allah SWT yang masih menjaga kita semua dengan segenap impian-impian besar kita tentang masa depan.

Atas apa yang telah kita raih pada hari ini, kita patut berterima kasih juga kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu semua proses ini. Wakil Wisudawan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga dari wisudawan kepada Bapak/Ibu dan keluarga wisudawan, atas segala doa, dukungan, kerja keras, serta kesabaran yang telah diberikan. Wakil Wisudawan memberi selamat atas prestasi yang telah diraih pada hari ini.

Momentum wisuda saat ini, merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan makna kelulusan dari Politeknik Sawunggalih Aji. Wakil Wisudawan menyampaikan harapannya semoga di masa mendatang Politeknik Sawunggalih Aji semakin berjaya dan unggul dalam mencetak lulusan yang handal dan profesional.

wisuda xi Polsa 13

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, dalam hal ini diwakili oleh Bapak Ngadiyanto, S.T., M.Kom., mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Direktur dan seluruh civitas akademika Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo, atas terselenggaranya Wisuda XI 2016.

Bapak Ngadiyanto, S.T., M.Kom. mewakili Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah juga menyampaikan selamat kepada para wisudawan  atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo atas nama Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik  Indonesia,  Kopertis  Wilayah  VI  Jawa  Tengah.

Bapak Ngadiyanto, S.T., M.Kom. mewakili Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah menyampaikan bahwa perkembangan Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo berjalan sesuai dengan regulasi pendidikan tinggi. Hal ini ditandai dengan terakreditasinya ketiga Prodi yang ada. Dengan terakreditasinya ketiga prodi ini, maka lulusan yang hari ini diwisuda merupakan lulusan yang sah dan legal menurut ketentuan perundangan yang berlaku, karena ijazah kelulusan dikeluarkan oleh institusi yang legal / terakreditasi.

Selain itu, pemenuhan rasio dosen-mahasiswa dan pelaporan PD-DIKTI juga menjadi faktor penentu dalam pemilihan Perguruan Tinggi, Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah mengapresiasi tingkat pelaporan PD-DIKTI dari Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo pada semester ini yang sudah mencapai 100%.

Bapak Ngadiyanto, S.T., M.Kom. mewakili Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah menyampaikan pendidikan vokasi sekarang mengalami perkembangan yang baik, hal ini dikarenakan lulusan dari pendidikan vokasi dibekali kemampuan lebih dalam hal praktik daripada teori. Bapak Ngadiyanto, S.T., M.Kom. menyebutkan, Menristekdikti,  Prof.  Mohamad  Nasir  belum  lama  ini menyatakan  bahwa  pendidikan  vokasi  harus  berfokus  pada  satu bidang  unggulan. Ke depan diharapkan seluruh lulusan dari pendidikan vokasi dapat menjadi tenaga ahli yang professional yang siap terjun ke pasar global, bersaing dengan para lulusan dari PT umum bahkan dari lulusan  luar  negeri.

Bapak Ngadiyanto, S.T., M.Kom. mewakili Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah sangat  mengapresiasi  program  yang  telah  dilaksanakan oleh Politeknik Sawunggalih Aji terkait dengan peningkatan kompetensi dari mahasiswa dan lulusannya. Bapak Ngadiyanto, S.T., M.Kom. menyebut bahwa mahasiswa sepatutnya merasa beruntung mendapatkan program sertifikasi ini, bahkan untuk Prodi Akuntansi tidak hanya membekali dengan 1 sertifikasi standar nasional, tetapi 3 sertifikasi standar nasional, yaitu sertifikat TOEFL, Sertifikat Microsoft, serta Sertifikat Teknisi Akuntansi.

Akhir kata, Bapak Ngadiyanto, S.T., M.Kom. mewakili Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah memberikan nasihat kepada wisudawan bahwa kesuksesan sudah ada di hadapan para wisudawan/i semua, tidak mudah untuk menjadi sukses. Seorang yang sukses akan dengan senang hati menjadi penolong untuk orang lain, mereka saling memotivasi, menginspirasi dan mendorong satu dengan yang lainnya. Seseorang yang tidak sukses hanya bisa mengeluh, menyalahkan dan membuat alasan.

wisuda xi Polsa 14

Bupati Purworejo yang dihadiri oleh Yuli Hastuti, S.H. – Wakil Bupati Purworejo

Penyerahan Cinderamata kepada Kopertis Wilayah VI & Wakil Bupati Purworejo

wisuda xi Polsa 19
wisuda xi Polsa 18
wisuda xi Polsa 17

Penyerahan Cinderamata untuk Wisudawan Terbaik

Lagu-Lagu Persembahan oleh Paduan Suara Polsa yaitu :

  • Karena Cinta
  • Yang Terbaik Bagimu
  • Bunda
  • Indonesia Jaya
  • Syukur
  • Gaudeamus Igitur
wisuda xi Polsa 20

Pembacaan Doa Oleh Heri Sudibyo, M.Kom

wisuda xi Polsa 22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

POLSA PEROLEH HIBAH BUKU PERPUSNAS

Buku Untuk Mahasiswa Cerdas Polsa Alhamdulillah dan kami ucapkan terimakasih untuk Perpusnas RI yang telah memberikan bantuan buku. Semoga buku yang kami terima menjadi ilmu yang bermanfaat untuk Mahasiswa Polsa yang siap untuk memajukan Negara tercinta ini yaitu Indonesia. Dan kami yakin bahwa salah satu media untuk mempercedas bangsa adalah […]

Kuliah, di POLSA Aja!