KUATKAN KOMITMEN, WIRAUSAHA MUDA D3-AB MILIKI IJIN USAHA

adminpolsa

Sebagai bagian dari program akademik untuk melahirkan para wirausaha muda profesional, prodi Diploma III Administrasi Bisnis senantiasa mendorong mahasiswa untuk terjun dalam dunia bisnis. Salah satu wujud komitmen dalam berwirausaha, mahasiswa Semester 3 mengajukan perijinan usaha secara online melalui oss.go.id.

Tidak kurang dari sepuluh usaha atau produk baru, telah mendapatkan Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) pada medio Desember 2020 lalu. Proses pengurusan ijin tersebut merupakan langkah lanjutan sebelum produk dipasarkan secara luas. Produk-produk mahasiswa yang telah memiliki IUMK terdiri dari produk kopi, kue, hingga cemilan kekinian ala anak muda milenial.

Kopi Aren khas Kaliwader, salah satu produk besutan mahasiswa D3 Administrasi Bisnis Politeknik Kutoarjo. – Allif Damayanti

Ketua Prodi Administrasi Bisnis – Agus Fitri Yanto, S.E., M.M. menyampaikan bahwa sebelum pengurusan ijin usaha, mahasiswa telah melalui berbagai tahap penting penyiapan usaha. “Pada tahap awal, mahasiswa menyiapkan rencana usaha atau business plan. Dilanjutkan dengan ujicoba produksi,  tes pasar, dan evaluasi berkala.Mereka menyiapkan pula konsep kemasan, desain label, penetapan harga hingga rencana pemasarannya,” terang Agus Fitri – dosen sekaligus Fasilitator Diklat UMKM bersertifikat kompetensi nasional dari BNSP.

Secara terpisah Direktur Politeknik Sawunggalih Aji – Sapta Aji Sri Margiutomo, S.Kom. M.M. menyampaikan apresiasinya atas langkah-langkah strategis yang dilakukan mahasiswa dalam berwirausaha. “Politeknik Kutoarjo sudah berfikir bagaimana menyiapkan outcomes sejak dini dan hal itu kita aplikasikan dalam berbagai program akademik. Seperti halnya mahasiswa Administrasi Bisnis, mereka disiapkan tidak hanya menjadi SDM profesional di bidang bisnis, tetapi juga bagaimana sebelum mereka lulus, sudah menjadi wirausaha yang handal,” tegas Sapta Aji. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Indotama : Lowongan Untuk Lulusan D3

PT Indotama Omicron Kahar yang bergerak di bidang pengolahan kayu dengan orientasi ekspor, saat ini membutuhkan SDM untuk mengisi posisi : 1) Audit; 2) Admin Adapun persyaratannya yaitu sebagai berikut : a) Pendidikan minimal Diploma III; b) Usia maksimal 30 tahun; c) Mahir mengoperasikan microsoft office; d) Proaktif dan komunikatif. […]

Kuliah, di POLSA Aja!