PROGRAM KIP KULIAH

Sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai upaya untuk membangun SDM Indonesia yang berkeadilan, berkualitas, inklusif dan berkesetaraan, Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan Program Indonesia Pintar (PIP). Untuk perluasan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi, program tersebut dilaksanakan melalui Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

KIP Kuliah adalah salah satu bentuk bantuan pendidikan yang akan diberikan kepada lulusan SMA, SMK atau sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan studi lanjut dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik.

Politeknik Sawunggalih Aji (Politeknik Kutoarjo) sebagai kampus vokasi berkualitas di wilayah Jawa Tengah Selatan, telah dua dasa warsa melayani masyarakat dengan menyelenggarakan pendidikan tinggi jalur vokasi. Komitmen penuh untuk mencetak SDM Ahli Madya yang berkompeten di bidang Teknik Informatika, Akuntansi dan Administrasi Bisnis, telah ditunjukkan dengan berbagai kiprah sukses alumni sesuai bidangnya.

Kiprah sukses ini menjadi salah satu wujud nyata bahwa alumni Politeknik Kutoarjo semakin diakui kualitasnya oleh para pengguna alumni, mulai dari perusahaan daerah, perusahaan swasta nasional, hingga lembaga/instansi pemerintah di tingkat daerah maupun nasional. Seiring semakin tingginya kepercayaan masyarakat untuk studi lanjut di Politeknik Kutoarjo, dukungan maksimal untuk studi lanjut senantiasa diupayakan menjadi prioritas utama.

Dengan kiprah dan kapasitasnya dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi yang telah teruji dari waktu ke waktu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Politeknik Sawunggalih Aji sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi berkualitas yang dapat menerima mahasiswa baru tahun 2020 melalui Program KIP Kuliah.

FASILITAS

Mahasiswa Program KIP Kuliah di Politeknik Sawunggalih Aji akan memperoleh fasilitas yaitu :

  1. Gratis biaya kuliah selama 6 Semester (3 Tahun)
  2. Bantuan biaya hidup Rp. 700.000,00/bulan

PERSYARATAN

  1. Lulus SLTA th. 2020 / 2 (dua) tahun sebelumnya;
  2. Memiliki potensi akademik baik dengan keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
    • Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan 
    • Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP),
    • Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH),
    • Keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
    • Calon mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.
    • Jika tidak memiliki KIP atau KKS, maka TETAP DAPAT MENDAFTAR untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai ketentuan, dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau jika pendapatan dibagi jumlah anggota keluarga maksimal sebesar Rp750.000,00 per orang.
  3. Lolos seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru dan diterima di Politeknik Sawunggalih Aji.

 PROGRAM STUDI PILIHAN

Program Studi di Politeknik Sawunggalih Aji yang pada Tahun 2020 ini menerima mahasiswa baru melalui program KIP Kuliah yaitu :

  1. D3 Administrasi Bisnis (Terakreditasi “B” BAN-PT)
  2. D3 Akuntansi (Terakreditasi “B” BAN-PT)

Informasi lebih lanjut hubungi WA – 0856 0 1000 279.

Kuliah, di POLSA Aja!